Senin, 09 Desember 2013

Metodologi Pengajaran Iqro' Klasikal



METODOLOGI PENGAJARAN
IQRO’ KLASIKAL

A.      Pendahuluan
Banyak TPA saat ini yang sangat kekurangan tenaga pengajar/ustadz, maka salah satu solusi dengan menggunakan Iqro’ Klasikal. Sebelum mempergunakan tentu saja kita harus mempelajari metodenya.
Idealnya kelas berjumlah 20 anak, sedangkan jumlah anak dalam satu kelas maksimal hanya 40 anak. Pembelajaran klasikal lebih dari 40 anak sangat tidak efektif. Untuk keefektivan pembelajaran, maka perlu pengelompokan atau pembuatan kelas yang sesuai umur anak atau sesuai dengan kemampuan anak.
Di samping itu juga dibuat pembuatan program yang jelas apakah seminggu 3x pertemuan, tiap pertemuan satu bahan ajar atau dua bahan ajar dapat disesuaikan dengan target yang akan dicapai, lebih banyak pertemuan tiap minggunya tentu saja lebih cepat selesai tidak harus menunggu sekian tahun, sedangkan pembelajaran di bawah ini selang waktu pembelajaran dua tahun dan hal ini bersifat luwes artinya program bisa dipercepat, sesuai kebutuhan dan target pencapaian tiap TPA.
Perlu juga diketahui bahwa pembelajaran terbaik tetap secara privat, sedang bersifat klasikal adalah dalam rangka mengantisipasi kekurangan ustadz.
B.      Petunjuk Pembelajaran Iqro’ Klasikal
1.       Pada bahan ajar 1 s/d 8 guru mengajarkan bacaan langsung tanpa dieja, yaitu tanpa dikenalkan dahulu nama-nama huruf, nama-nama harakat, tetapi langsung dibaca A, BA, TA, dst, dengan suara pendek dan makhroj yang tepat.
2.       Pada bahan ajar 9 s/d 12 dikenalkan huruf sambung, guru tidak mengenalkan huruf awal, tengah atau akhir, karena anak akan tahu sendiri.
3.       Pada bahan ajar 13, anak dikenalkan dengan bacaan mad/panjang, guru memberi contoh yang tepat dengan lagu, tetapi jika sulit, maka guru memberi contohbacaan 2 harakat, yang terpenting adalah anak dapat membedakan bacaan yang panjang atau yang pendek.
4.       Pada bahan ajar selanjutnya guru lebih menekankan pada praktek bacaan, hal-hal yang sifatnya teoritis (pengetahuan ilmu tajwid) diajarkan setelah anak tadarus Al-Qur’an dengan lancar.
5.       Pembelajaran berlangsung dengan pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) yaitu :
a.       Siswa didorong untuk aktif.
b.      Guru hanya menjelaskan dan memberi contoh bacaan pada pokok bahasan saja.
c.       Setelah siswa jelas dan dapat mengulang kembali dengan baik terhadap apa yang dicontohkan guru, selanjutnya guru menyuruh siswa untuk membaca sendiri bahan latihan, langkahnya :
-          suruh satu siswa atau dua siswa untuk membaca.
-          baru kemudian dibaca bersama
d.      Perhatikan bacaan siswa, apabila terdapat bacaan siswa yang tidak benar dengan segera guru memperbaikinya dengan cara memberi isyarat atau memberi titian ingatan, jangan langsung menuntun.
e.      Diusahakan ada kesempatan untuk saling ajar mengajar antar siswa dengan memanfaatkan tutor sebaya, adakan pengelompokan siswa.
6.       Untuk membantu efektivitas pembelajaran tersedia alat peraga, berupa lembar-lembar bahan ajar yang diperbesar sehingga guru tidak usah menulis sendiri di papan tulis.
7.       Agar guru selalu mengingatkan siswa untuk belajar IQRO’ di rumah, madrasah diniyah, TPA, dll. (membaca bahan latihan).
C.      Petunjuk Penilaian
1.       Format yang tersedia digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dan mengetahui keberhasilan guru dalam mengajar. Apabila ternyata tingkat rata-rata dinilai kurang berhasil guru akan memperbaiki cara mengajarnya.
2.       Cara pengisian Penilaian :
a.       Memberi tanda contreng/Ö  sesuai dengan hasil tes pada kolom yang tersedia. Contoh Aisyiyah lancar dan benar membaca pada lemabaran tes, maka guru memberi nilai;
 Ö       Baik                      Cukup                           Kurang
b.      Masukkan nilai tersebut pada format daftar nilai dengan huruf B.
3.       Kolom tinggal diisi oleh guru dan orangtua setiap selesai melaksanakan tes.
4.       Semua jenis tes dilaksanakan secara lisan.
5.       Adapun tes sumatif/ulangan umum disediakan lembaran tes tersendiri tiap akhir catur wulan sesuai petunjuk.
Demikian,semoga sukses.

D.      Program Pengajaran Iqro’ Klasikal



TAHUN PERTAMA

CATUR WULAN KESATU
1.        
Bahan Ajar 1
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
2.        
Bahan Ajar 2
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
3.        
Bahan Ajar 3
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
4.        
Bahan Ajar 4
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
TES SUB SUMATIF (LISAN)
5.        
Bahan Ajar 5
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
6.        
Bahan Ajar 6
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
7.        
Bahan Ajar 7
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
8.        
Bahan Ajar 8
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
TES SUB SUMATIF (LISAN)
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)

CATUR WULAN KEDUA
1.        
Bahan Ajar 9
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
2.        
Bahan Ajar 10
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
3.        
Bahan Ajar 11
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
4.        
Bahan Ajar 12
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
TES SUB SUMATIF (LISAN)
5.        
Bahan Ajar 13
Membaca mad dengan alif mati dan fathah tegak.
6.        
Bahan Ajar 14
Membaca huruf berharokat kasroh dan membaca mad dengan yaa’ mati
7.        
Bahan Ajar 15
Membaca dan membedakan huruf Ha ( ,,  ) dan membaca mad dengan kasroh berdiri dan membaca tak marbutoh.
TES SUB SUMATIF (LISAN)
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)

CATUR WULAN KETIGA
1.        
Bahan Ajar 16
Membaca dengan harokat dlommah dan membaca mad dengan wau mati.
2.        
Bahan Ajar 17
Membaca mad dengan wau mati dan diikuti alif mati dan membaca mad sillah
TES SUB SUMATIF (LISAN)
3.        
Bahan Ajar 18
Membaca dengan fathatain.
4.        
Bahan Ajar 19
Membaca dengan kasrotain dan dlommatain
5.        
Bahan Ajar 20
Membaca dengan harokat fathah yang diikuti yaa’ mati
Membaca dengan harokat fathah yang diikuti wau mati
6.        
Bahan Ajar 21
Membaca dengan huruf mim mati dan nun mati.
TES SUB SUMATIF (LISAN)
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)







TAHUN KEDUA

CATUR WULAN KESATU
1.        
Bahan Ajar 22
Membaca huruf qolqolah
2.        
Bahan Ajar 23
Membaca huruf-huruf mati
3.        
Bahan Ajar 24
Membaca huruf-huruf mati dan membaca huruf mati yang hampir sama bunyinya.
TES SUB SUMATIF (LISAN)
4.        
Bahan Ajar 25
Membaca alif lam qomariyah
Membaca dengan mawaqofkan huruf berharokat fathah, dlommah dan kasroh.
5.        
Bahan Ajar 26
Membaca dengan mawaqofkan huruf berharokat fathatain dan tak marbutoh
6.        
Bahan Ajar 27
Membaca mad lima harokat
Membaca huruf nun tasydid dan mim tasydid
7.        
Bahan Ajar 28
Membaca dengan idghom dan alif lam syamsiyah
TES SUB SUMATIF (LISAN)
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)

CATUR WULAN KEDUA
1.        
Bahan Ajar 29
Membaca huruf bertasydid dan membaca mim mati bertemu huruf baa’
2.        
Bahan Ajar 30
Membaca lafdzul jalalah/Alloh (Tarqiiq/Tafkhim- Tipis/Tebal)
TES SUB SUMATIF (LISAN)
3.        
Bahan Ajar 31
Membaca idghom bilaghunnah
4.        
Bahan Ajar 32
Membaca mad enam harokat yang diikuti bertasydid (mad lazim mutsaqol kalmi)
5.        
Bahan Ajar 33
Membaca idghom bighunnah
6.        
Bahan Ajar 34
Membaca iqlab.
TES SUB SUMATIF (LISAN)
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)

CATUR WULAN KETIGA
1.        
Bahan Ajar 35
Membaca dengan ikhfa’
2.        
Bahan Ajar 36
Membaca dengan ikhfa’
3.        
Bahan Ajar 37
Membaca dengan ikhfa’
4.        
Bahan Ajar 38
Membaca dengan mengetahui tanda waqof
TES SUB SUMATIF (LISAN)
5.        
Bahan Ajar 39
Membaca dengan mewaqofkan huruf bertasydid.
Membaca dengan mewaqofkan huruf berharokat fathatain.
6.        
Bahan Ajar 40
Membaca dengan mewaqofkan huruf hidup yang didahului huruf mati.
7.        
Bahan Ajar 41
Membaca dengan mewaqofkan huruf qolqolah yang bertasydid.
8.        
Bahan Ajar 42
Membaca fawatihussuwar pada awal surat.
TES SUB SUMATIF (LISAN)
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)



E.       DAFTAR NILAI IQRO’

I.                    TAHUN PERTAMA – CAWU KESATU
NO
JENIS TES
TANGGAL
NILAI
PARAF
KET
GURU
ORANGTUA
1
Sub Sumatif





2
Sub Sumatif





3
Sumatif (THB)





NILAI AKHIR





II.                  TAHUN PERTAMA – CAWU KEDUA
NO
JENIS TES
TANGGAL
NILAI
PARAF
KET
GURU
ORANGTUA
1
Sub Sumatif





2
Sub Sumatif





3
Sumatif (THB)





NILAI AKHIR





III.                TAHUN PERTAMA – CAWU KETIGA
NO
JENIS TES
TANGGAL
NILAI
PARAF
KET
GURU
ORANGTUA
1
Sub Sumatif





2
Sub Sumatif





3
Sumatif (THB)





NILAI AKHIR





IV.                TAHUN KEDUA – CAWU KESATU
NO
JENIS TES
TANGGAL
NILAI
PARAF
KET
GURU
ORANGTUA
1
Sub Sumatif





2
Sub Sumatif





3
Sumatif (THB)





NILAI AKHIR





V.                  TAHUN KEDUA – CAWU KEDUA
NO
JENIS TES
TANGGAL
NILAI
PARAF
KET
GURU
ORANGTUA
1
Sub Sumatif





2
Sub Sumatif





3
Sumatif (THB)





NILAI AKHIR





VI.                TAHUN KEDUA – CAWU KETIGA

NO
JENIS TES
TANGGAL
NILAI
PARAF
KET
GURU
ORANGTUA
1
Sub Sumatif





2
Sub Sumatif





3
Sumatif (THB)





NILAI AKHIR





UJIAN KELULUSAN IQRO’

NAMA : ...............................................   TPA : ....................................................
NILAI   :  ...........................................(  LULUS / BELUM  LULUS )

NAMA GURU PENGUJI : ..............................................
TANDA TANGAN GURU PENGUJI : .....................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar