METODOLOGI PENGAJARAN
IQRO’ KLASIKAL
A. Pendahuluan
Banyak TPA saat ini yang sangat kekurangan tenaga
pengajar/ustadz, maka salah satu solusi dengan menggunakan Iqro’ Klasikal.
Sebelum mempergunakan tentu saja kita harus mempelajari metodenya.
Idealnya kelas berjumlah 20 anak, sedangkan jumlah anak dalam
satu kelas maksimal hanya 40 anak. Pembelajaran klasikal lebih dari 40 anak
sangat tidak efektif. Untuk keefektivan pembelajaran, maka perlu pengelompokan
atau pembuatan kelas yang sesuai umur anak atau sesuai dengan kemampuan anak.
Di samping itu juga dibuat pembuatan program yang jelas apakah
seminggu 3x pertemuan, tiap pertemuan satu bahan ajar atau dua bahan ajar dapat
disesuaikan dengan target yang akan dicapai, lebih banyak pertemuan tiap
minggunya tentu saja lebih cepat selesai tidak harus menunggu sekian tahun,
sedangkan pembelajaran di bawah ini selang waktu pembelajaran dua tahun dan hal
ini bersifat luwes artinya program bisa dipercepat, sesuai kebutuhan dan target
pencapaian tiap TPA.
Perlu juga diketahui bahwa pembelajaran terbaik tetap secara
privat, sedang bersifat klasikal adalah dalam rangka mengantisipasi kekurangan
ustadz.
B. Petunjuk Pembelajaran Iqro’ Klasikal
1. Pada bahan ajar 1 s/d 8 guru mengajarkan bacaan langsung tanpa
dieja, yaitu tanpa dikenalkan dahulu nama-nama huruf, nama-nama harakat, tetapi
langsung dibaca A, BA, TA, dst, dengan suara pendek dan makhroj yang tepat.
2. Pada bahan ajar 9 s/d 12 dikenalkan huruf sambung, guru tidak
mengenalkan huruf awal, tengah atau akhir, karena anak akan tahu sendiri.
3. Pada bahan ajar 13, anak dikenalkan dengan bacaan mad/panjang,
guru memberi contoh yang tepat dengan lagu, tetapi jika sulit, maka guru
memberi contohbacaan 2 harakat, yang terpenting adalah anak dapat membedakan
bacaan yang panjang atau yang pendek.
4. Pada bahan ajar selanjutnya guru lebih menekankan pada praktek
bacaan, hal-hal yang sifatnya teoritis (pengetahuan ilmu tajwid) diajarkan
setelah anak tadarus Al-Qur’an dengan lancar.
5. Pembelajaran berlangsung dengan pendekatan Cara Belajar Siswa
Aktif (CBSA) yaitu :
a. Siswa didorong untuk aktif.
b. Guru hanya menjelaskan dan memberi contoh bacaan pada pokok
bahasan saja.
c. Setelah siswa jelas dan dapat mengulang kembali dengan baik
terhadap apa yang dicontohkan guru, selanjutnya guru menyuruh siswa untuk
membaca sendiri bahan latihan, langkahnya :
-
suruh satu siswa atau dua
siswa untuk membaca.
-
baru kemudian dibaca
bersama
d. Perhatikan bacaan siswa, apabila terdapat bacaan siswa yang
tidak benar dengan segera guru memperbaikinya dengan cara memberi isyarat atau
memberi titian ingatan, jangan langsung menuntun.
e. Diusahakan ada kesempatan untuk saling ajar mengajar antar siswa
dengan memanfaatkan tutor sebaya, adakan pengelompokan siswa.
6. Untuk membantu efektivitas pembelajaran tersedia alat peraga,
berupa lembar-lembar bahan ajar yang diperbesar sehingga guru tidak usah
menulis sendiri di papan tulis.
7. Agar guru selalu mengingatkan siswa untuk belajar IQRO’ di
rumah, madrasah diniyah, TPA, dll. (membaca bahan latihan).
C. Petunjuk Penilaian
1. Format yang tersedia digunakan untuk mengetahui tingkat
kemampuan siswa dan mengetahui keberhasilan guru dalam mengajar. Apabila
ternyata tingkat rata-rata dinilai kurang berhasil guru akan memperbaiki cara
mengajarnya.
2. Cara pengisian Penilaian :
a. Memberi tanda contreng/Ö sesuai dengan
hasil tes pada kolom yang tersedia. Contoh Aisyiyah lancar dan benar membaca
pada lemabaran tes, maka guru memberi nilai;
b. Masukkan nilai tersebut pada format daftar nilai dengan huruf B.
3. Kolom tinggal diisi oleh guru dan orangtua setiap selesai
melaksanakan tes.
4. Semua jenis tes dilaksanakan secara lisan.
5. Adapun tes sumatif/ulangan umum disediakan lembaran tes
tersendiri tiap akhir catur wulan sesuai petunjuk.
Demikian,semoga sukses.
D. Program Pengajaran Iqro’ Klasikal
|
TAHUN PERTAMA
|
||
|
CATUR WULAN KESATU
|
||
|
1.
|
Bahan Ajar 1
|
Membaca huruf Hijaiyah
dengan fathah
|
|
2.
|
Bahan Ajar 2
|
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
|
|
3.
|
Bahan Ajar 3
|
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
|
|
4.
|
Bahan Ajar 4
|
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
5.
|
Bahan Ajar 5
|
Membaca huruf Hijaiyah
dengan fathah
|
|
6.
|
Bahan Ajar 6
|
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
|
|
7.
|
Bahan Ajar 7
|
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
|
|
8.
|
Bahan Ajar 8
|
Membaca huruf Hijaiyah dengan fathah
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)
|
||
|
|
||
|
CATUR WULAN KEDUA
|
||
|
1.
|
Bahan Ajar 9
|
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
|
|
2.
|
Bahan Ajar 10
|
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
|
|
3.
|
Bahan Ajar 11
|
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
|
|
4.
|
Bahan Ajar 12
|
Membaca huruf Hijaiyah bersambung
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
5.
|
Bahan Ajar 13
|
Membaca mad dengan alif
mati dan fathah tegak.
|
|
6.
|
Bahan Ajar 14
|
Membaca huruf berharokat kasroh dan
membaca mad dengan yaa’ mati
|
|
7.
|
Bahan Ajar 15
|
Membaca dan membedakan huruf Ha ( ﻫ ,ﻪ,ﻩ
) dan membaca mad dengan kasroh
berdiri dan membaca tak marbutoh.
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)
|
||
|
|
||
|
CATUR WULAN KETIGA
|
||
|
1.
|
Bahan Ajar 16
|
Membaca dengan harokat
dlommah dan membaca mad dengan wau mati.
|
|
2.
|
Bahan Ajar 17
|
Membaca mad dengan wau mati dan diikuti
alif mati dan membaca mad sillah
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
3.
|
Bahan Ajar 18
|
Membaca dengan fathatain.
|
|
4.
|
Bahan Ajar 19
|
Membaca dengan kasrotain dan dlommatain
|
|
5.
|
Bahan Ajar 20
|
Membaca dengan harokat
fathah yang diikuti yaa’ mati
Membaca dengan harokat
fathah yang diikuti wau mati
|
|
6.
|
Bahan Ajar 21
|
Membaca dengan huruf mim mati dan nun
mati.
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)
|
||
|
TAHUN KEDUA
|
||
|
CATUR WULAN KESATU
|
||
|
1.
|
Bahan Ajar 22
|
Membaca huruf qolqolah
|
|
2.
|
Bahan Ajar 23
|
Membaca huruf-huruf mati
|
|
3.
|
Bahan Ajar 24
|
Membaca huruf-huruf mati dan membaca
huruf mati yang hampir sama bunyinya.
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
4.
|
Bahan Ajar 25
|
Membaca alif lam
qomariyah
Membaca dengan mawaqofkan
huruf berharokat fathah, dlommah dan kasroh.
|
|
5.
|
Bahan Ajar 26
|
Membaca dengan mawaqofkan huruf
berharokat fathatain dan tak marbutoh
|
|
6.
|
Bahan Ajar 27
|
Membaca mad lima harokat
Membaca huruf nun tasydid
dan mim tasydid
|
|
7.
|
Bahan Ajar 28
|
Membaca dengan idghom dan alif lam
syamsiyah
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)
|
||
|
|
||
|
CATUR WULAN KEDUA
|
||
|
1.
|
Bahan Ajar 29
|
Membaca huruf bertasydid
dan membaca mim mati bertemu huruf baa’
|
|
2.
|
Bahan Ajar 30
|
Membaca lafdzul jalalah/Alloh (Tarqiiq/Tafkhim-
Tipis/Tebal)
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
3.
|
Bahan Ajar 31
|
Membaca idghom
bilaghunnah
|
|
4.
|
Bahan Ajar 32
|
Membaca mad enam harokat yang diikuti
bertasydid (mad lazim mutsaqol kalmi)
|
|
5.
|
Bahan Ajar 33
|
Membaca idghom bighunnah
|
|
6.
|
Bahan Ajar 34
|
Membaca iqlab.
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)
|
||
|
|
||
|
CATUR WULAN KETIGA
|
||
|
1.
|
Bahan Ajar 35
|
Membaca dengan ikhfa’
|
|
2.
|
Bahan Ajar 36
|
Membaca dengan ikhfa’
|
|
3.
|
Bahan Ajar 37
|
Membaca dengan ikhfa’
|
|
4.
|
Bahan Ajar 38
|
Membaca dengan mengetahui tanda waqof
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
5.
|
Bahan Ajar 39
|
Membaca dengan mewaqofkan
huruf bertasydid.
Membaca dengan mewaqofkan
huruf berharokat fathatain.
|
|
6.
|
Bahan Ajar 40
|
Membaca dengan mewaqofkan huruf hidup
yang didahului huruf mati.
|
|
7.
|
Bahan Ajar 41
|
Membaca dengan mewaqofkan huruf qolqolah
yang bertasydid.
|
|
8.
|
Bahan Ajar 42
|
Membaca fawatihussuwar pada awal surat.
|
|
TES SUB SUMATIF (LISAN)
|
||
|
TES SUMATIF/ULANGAN UMUM (LISAN)
|
||
E. DAFTAR NILAI IQRO’
I.
TAHUN PERTAMA – CAWU KESATU
|
NO
|
JENIS TES
|
TANGGAL
|
NILAI
|
PARAF
|
KET
|
|
|
GURU
|
ORANGTUA
|
|||||
|
1
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Sumatif (THB)
|
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR
|
|
|
|
|
||
II.
TAHUN PERTAMA – CAWU KEDUA
|
NO
|
JENIS TES
|
TANGGAL
|
NILAI
|
PARAF
|
KET
|
|
|
GURU
|
ORANGTUA
|
|||||
|
1
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Sumatif (THB)
|
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR
|
|
|
|
|
||
III.
TAHUN PERTAMA – CAWU KETIGA
|
NO
|
JENIS TES
|
TANGGAL
|
NILAI
|
PARAF
|
KET
|
|
|
GURU
|
ORANGTUA
|
|||||
|
1
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Sumatif (THB)
|
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR
|
|
|
|
|
||
IV.
TAHUN KEDUA – CAWU KESATU
|
NO
|
JENIS TES
|
TANGGAL
|
NILAI
|
PARAF
|
KET
|
|
|
GURU
|
ORANGTUA
|
|||||
|
1
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Sumatif (THB)
|
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR
|
|
|
|
|
||
V.
TAHUN KEDUA – CAWU KEDUA
|
NO
|
JENIS TES
|
TANGGAL
|
NILAI
|
PARAF
|
KET
|
|
|
GURU
|
ORANGTUA
|
|||||
|
1
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Sumatif (THB)
|
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR
|
|
|
|
|
||
VI.
TAHUN KEDUA – CAWU KETIGA
|
NO
|
JENIS TES
|
TANGGAL
|
NILAI
|
PARAF
|
KET
|
|
|
GURU
|
ORANGTUA
|
|||||
|
1
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sub Sumatif
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Sumatif (THB)
|
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR
|
|
|
|
|
||
UJIAN KELULUSAN IQRO’
NAMA :
............................................... TPA : ....................................................
NILAI :
...........................................( LULUS / BELUM
LULUS )
NAMA GURU PENGUJI :
..............................................
TANDA TANGAN GURU PENGUJI
: .....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar